WORKSHOP DAN SOSIALISASI RUGBY FIK UNY

Rugby merupakan salah satu olahraga yang populer di dunia, terutama di negara- negara persemakmuran atau bekas jajahan Inggris. Saat ini rugby mulai banyak dimainkan di wilayah Asia, oleh karena itu pada Sabtu, 19 Maret 2016, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan workshop dan sosialisasi rugby. Kegiatan dengan tema "Strategi Pengembangan Rugby" dilaksanakan di Ruang Sidang Utama GPLA dan lapangan sepakbola FIK dan menghadirkan Iswahyudi, Sekjen Pengurus Besar Pengurus Rugby Union Indonesia (PB PRUI) sebagai induk organisasi rugby di Indonesia. "Sejarah olahraga Rugby dimulai di Inggris yaitu ketika bermain sepakbola, seseorang bernama William Webb Ellis mengambil bola dengan tangannya dan membawanya lari, sejak itulah mulai dimainkan olahraga rugby", ujar Iswahyudi. Sebagai komitmen Pengurus Besar rugby di Indonesia untuk mengembangkan rugby di FIK UNY, PB PRUI memberikan beberapa bola dan peralatan pendukung untuk berlatih dan memainkan olahraga rugby.

Seluruh peserta yang merupakan dosen, mahasiswa, dan guru olahraga tampak antusias mendengarkan penjelasan permainan rugby yang dalam sesi kelas ditunjukkan dengan media video dan gambar. Rugby merupakan olahraga yang dimainkan di lapangan dengan ukuran mirip ukuran lapangan sepakbola namun hanya berbeda garis dan cara permainannya. Ada dua jenis rugby, yaitu rugby 15s di mana dimainkan 15 orang tiap timnya dan dimainkan selama 2 x 40 menit, sedangkan rugby 7s dimainkan 7 orang tiap tim dan dimainkan 2 x 7 menit dalam satu permainan. Saat ini, rugby 7s akan dimainkan pada Pekan Olahrga Nasional 2016 di Jawa Barat dan di Olympic Games, Rio de Jainero Brasil tahun ini. Di sela kegiatan tersebut, PB PRUI juga memberikan sertifikat kepada FIK UNY karena beberapa waktu yang lalu menjadi juara I Kejuaraan Nusantara 7s Rugby di Polo Club Jagorawi Jakarta.

Wakil Dekan I FIK UNY, Dr. Or. Mansur, M.S. didampingi Ketua Jurusan Pendidikan Olahraga dan Koordinator Prodi PGSD Penjas FIK menyambut baik acara workshop dan sosialisasi rugby di FIK UNY dan di Yogyakarta pada umumnya. "Rugby merupakan hal yang baru di Indonesia, hal ini sangat strategis untuk mengembangkan potensi olahraga rugby di FIK UNY yang mulai banyak dimainkan di negara- negara Asia", ujar Wakil Dekan I FIK dalam sambutannya. Lebih lanjut ditambahkan bahwa FIK UNY sebagai pusat pengembangan olahraga di perguruan tinggi menjadi tempat yang sangat potensial untuk dijadikan target sosialisasi dan promosi rugby di Daerah Istimewa Yogyakarta. (SP27)